Jumat, 19 April 2013

Karya Tulis Ilmiah: Media Sosial dan Kehidupan Manusia

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan pertolongan-Nya penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Media Sosial dan Kehidupan Manusia”.

Penulis juga patut bersyukur terhadap tugas karya tulis ilmiah yang telah diberikan oleh dosen pembimbing, karena dengan adanya tugas ini, penulis dapat sekaligus menambah wawasan dan melakukan penelitian terhadap karya tulis ilmiah yang dikerjakan.

Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.

Tentunya ada hal-hal yang ingin penulis berikan kepada masyarakat dari hasil karya tulis ilmiah ini. Oleh karena itu, penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama.

Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta membuat kita mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

Medan, April 2013

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Metode dan Teknik Penelitian
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Media Sosial
2.2 Pertumbuhan Media Sosial
2.3 Peran dan Fungsi Media Sosial dalam Dunia Bisnis
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Penyebab Media Sosial sangat diminati Masyarakat
3.2 Perubahan terhadap Kehidupan Manusia akibat Media Sosial
3.3 Dampak Positif dan Dampak Negatif Media Sosial
3.4 Cara Mengatasi Dampak Negatif dari Media Sosial
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi komputer atau yang terkenal dengan istilah teknologi informasi. Salah satu produk dari teknologi informasi yang sangat populer saat ini adalah media sosial.

Media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Diawali dengan era Friendster dan MySpace, era Facebook dan Twitter, serta yang terbaru Google Plus, media ini memicu banyak perubahan manusia dalam bersosialisasi. Hal ini sesuai dengan tujuan awal mengapa media sosial dibuat yaitu memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia untuk mencari teman baru, pasangan hidup, berbisnis, bahkan berpolitik.

Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Saat teknologi internet dan mobile phone semakin maju, maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah penulis uraikan maka masalah yang akan penulis bahas adalah:
1. Mengapa media sosial sangat diminati oleh masyarakat?
2. Apa perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan manusia dengan hadirnya media sosial?
3. Apa dampak positif dan dampak negatif dari media sosial terhadap kehidupan manusia?
4. Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari media sosial?

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui mengapa media sosial sangat diminati oleh masyarakat.
2. Untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap kehidupan manusia.

1.4 Manfaat Penelitian

Dengan melakukan penelitian ini, penulis berharap hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan teknologi seperti apa yang dapat diciptakan di masa depan sesuai dengan perubahan gaya hidup serta selera masyarakat.

1.5 Metode dan Teknik Penelitian

Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan menganalisis data apa adanya.
Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah studi pustaka.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Media sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja, namun bisa untuk banyak orang
- Pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

2.2 Pertumbuhan Media Sosial

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.

2.3 Peran dan Fungsi Media Sosial dalam Dunia Bisnis

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, Facebook, Twitter, dan Youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :

1. Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

2. Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

3. Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten Anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.

4. Terukur
Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.

Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :

1. Administrasi
Pengorganisasian profil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar Anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi  konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasar untuk menemukan dimana pasar Anda.

2. Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar Anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.

3. Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman Anda akan tetap di depan pasar dan bagaimana Anda berkomunikasi ke pasar. Bagaimana teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

4. Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.

BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Penyebab Media Sosial sangat diminati Masyarakat

Sesuai dengan penjelasan pada bab-bab sebelumnya, media sosial mampu memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Dengan kemudahan-kemudahan yang disediakan, tentu saja media sosial lebih diminati oleh masyarakat dibanding dengan media tradisional. Kemudahan-kemudahan yang dimaksud yaitu media sosial tidak dibatasi oleh tempat dan waktu, yang artinya siapapun dapat menggunakan media sosial di mana saja dan kapan saja, asalkan memiliki akses internet. Dengan demikian, pengguna dapat selalu meng-update informasi kapan saja, dimana hal seperti ini akan sangat sulit dilakukan pada media tradisional. Selain itu, media sosial juga sangat diminati oleh masyarakat karena biayanya yang terjangkau bagi siapapun untuk menggunakan media sosial.

Karena manusia sangat suka memperoleh sesuatu dengan cara yang mudah, maka saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang saling berlomba untuk menciptakan media sosial yang menyediakan berbagai kemudahan dalam menyampaikan informasi. Dari sinilah, media sosial semakin berkembang dan semakin diminati oleh masyarakat.

3.2 Perubahan terhadap Kehidupan Manusia akibat Media Sosial

Dengan hadirnya media sosial sebagai teknologi baru, tentu saja cara hidup manusia juga akan mengalami perubahan. Salah satu perubahan adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu media sosial menjadi sebuah bisnis baru bagi perusahaan-perusahaan teknologi informasi di dunia. Selain itu, individu atau perusahaan lainnya juga bisa memanfaatkan kebebasan dan kemudahan dari media sosial sebagai sebuah sarana yang baru untuk berbisnis.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap media sosial, maka masyarakat akan semakin tergantung dengan media sosial, dan hal ini akan mempengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Mengakses media sosial setiap saat telah menjadi kebutuhan manusia yang baru untuk selalu meng-update informasi karena media sosial telah menjadi sumber informasi yang lebih aktual dibandingkan media lainnya.

Selain itu, karena semakin mudahnya manusia berinteraksi melalui media sosial, maka interaksi sosial di dunia nyata akan turut berkurang. Manusia tidak perlu lagi saling bertemu secara langsung untuk berkomunikasi, sehingga hal ini akan membentuk pola hidup masyarakat yang semakin tertutup.

3.3 Dampak Positif dan Dampak Negatif Media Sosial

Dampak positif dari media sosial adalah:

1. Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang
Dengan media sosial, kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan siapa saja termasuk artis favorit kita yang juga menggunakan media sosial terkenal seperti Facebook dan Twitter.

2. Memperluas pergaulan
Media sosial membuat kita bisa memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas. Tentu saja hal ini berdampak positif bagi orang yang ingin mendapatkan teman atau pasangan hidup dari tempat yang jauh atau negara asing.

3. Jarak dan waktu bukan lagi masalah
Di era media sosial seperti sekarang ini, hubungan jarak jauh bukan lagi halangan besar karena kita tetap dapat berinteraksi dengan orang lain kapan saja walaupun dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh.

4. Lebih mudah dalam mengekspresikan diri
Media sosial memberikan sarana baru bagi manusia dalam mengekspresikan diri. Orang biasa, orang pemalu, atau orang yang selalu gugup mengungkapkan pendapat di depan umum akhirnya mampu menyuarakan diri mereka secara bebas.

5. Penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat
Dengan media sosial, siapapun dapat menyebarkan informasi baru kapan saja, sehingga orang lain juga dapat memperoleh informasi yang tersebar di media sosial kapan saja.

6. Biaya lebih murah
Bila dibandingkan dengan media lainnya, maka media sosial memerlukan biaya yang lebih murah karena kita hanya perlu membayar biaya internet untuk dapat mengakses media sosial.

Dampak negatif dari media sosial adalah:

1. Menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dengan Anda di kehidupan sehari-hari
Orang yang terjebak dalam media sosial memiliki kelemahan besar yaitu berisiko mengabaikan orang-orang di kehidupannya sehari-sehari.

2. Interaksi secara tatap muka cenderung menurun
Karena mudahnya berinteraksi melalui media sosial, maka seseorang akan semakin malas untuk bertemu secara langsung dengan orang lain.

3. Membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet
Dengan kepraktisan dan kemudahan menggunakan media sosial, maka orang-orang akan semakin tergantung pada media sosial, dan pada akhirnya akan menjadi kecanduan terhadap internet.

4. Rentan terhadap pengaruh buruk orang lain
Seperti di kehidupan sehari-hari, jika kita tidak menyeleksi orang-orang yang berada dalam lingkaran sosial kita, maka kita akan lebih rentan terhadap pengaruh buruk.

5. Masalah privasi
Dengan media sosial, apapun yang kita unggah bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain. Hal ini tentu saja dapat membocorkan masalah-masalah pribadi kita. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengunggah hal-hal yang bersifat privasi ke dalam media sosial.

3.4 Cara Mengatasi Dampak Negatif dari Media Sosial

Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu pula dengan kelima dampak negatif dari penggunaan media sosial yang telah disebutkan di atas. Dengan mencari tahu penyebabnya, maka kita dapat mencegah dampak-dampak negatif tersebut untuk muncul.

Secara umum, ketiga poin pertama dari dampak negatif media sosial di atas memiliki penyebab yang sama yaitu ketergantungan pengguna terhadap media sosial dengan kemudahan-kemudahan yang telah diberikan. Untuk mengatasi ketergantungan tersebut, maka perlu dibatasi tingkat penggunaannya bagi setiap pengguna media sosial supaya tidak menjadi kecanduan terhadap media sosial.

Dengan mengurangi intensitas penggunaan media sosial, maka seseorang tetap dapat memanfaatkan waktunya yang tersedia untuk berinteraksi secara langsung terhadap teman, saudara, atau orang lain yang dekat dengannya.

Selanjutnya, untuk mengatasi kerentanan terhadap pengaruh buruk orang lain sama halnya ketika kita bersosialisasi di kehidupan nyata, dimana kita harus menyeleksi orang-orang yang berada dalam lingkaran sosial kita. Namun dalam dunia maya, kita tidak akan memiliki batasan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan siapa saja, sehingga hal seperti ini akan lebih meningkatkan kerentanan kita terhadap pengaruh buruk orang lain. Untuk itulah, sebaiknya kita lebih waspada ketika kita berinteraksi dengan orang yang belum kita kenal sebelumnya melalui media sosial.

Yang terakhir, untuk menjaga privasi kita, maka kita juga harus lebih berhati-hati dalam mengekspresikan diri kita di media sosial. Begitu pula dengan data-data yang ingin kita unggah melalui media sosial, kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah data yang akan kita unggah dapat membocorkan masalah privasi kita atau tidak.

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Kehadiran media sosial sedikit banyak telah mempengaruhi pola kehidupan dalam masyarakat. Mulai dari efek ketergantungan pengguna terhadap media sosial hingga pengaruh kehidupan sosial di lingkungan masyarakat. Media sosial begitu populer karena kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dimana hal tersebut tidak dapat diperoleh melalui media tradisional.

Dengan semakin populernya media sosial di kehidupan masyarakat, maka muncullah perusahaan-perusahaan di bidang pengembangan media sosial sebagai peluang bisnis yang baru. Selain perusahaan di bidang teknologi informasi, perusahaan-perusahaan lainnya juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai pengganti media tradisional untuk menjalankan bisnisnya.

Perkembangan suatu teknologi baru tentunya memiliki dampak positif serta dampak negatifnya. 

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk memperoleh informasi secara cepat, berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan dan lebih mudah mengekspresikan diri dimana semua ini dapat dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu dengan biaya yang terjangkau.

Dampak negatif dari media sosial terutama disebabkan oleh munculnya sifat ketergantungan pengguna terhadap media sosial serta tidak terbatasnya kebebasan untuk berinteraksi di media sosial. Dengan mengetahui semua penyebab dampak negatif media sosial, maka kita dapat lebih waspada dan menghindari penyebab-penyebab dampak negatif tersebut.

4.2 Saran

Media sosial telah menjadi sebuah kebutuhan baru dalam kehidupan manusia di zaman sekarang. Dengan demikian, penulis berharap semoga masyarakat mampu memanfaatkan keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh melalui media sosial serta menghindari dampak-dampak negatif dari media sosial. Sesungguhnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang bisa kita peroleh dan manfaatkan dari media sosial. Untuk itulah, masyarakat harus mampu berpikir lebih kreatif dan terbuka untuk mengeksploitasi kelebihan-kelebihan dari media sosial.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar