Kamis, 28 Maret 2013

Analisis Hasil Survey


Halo semuanya… Dalam postingan kali ini saya akan mencoba untuk menganalisis hasil dari sebuah survey online yang telah saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Umum. Survey ini berhasil direspon oleh 43 orang. Survey ini hampir semuanya direspon oleh mahasiswa Teknologi Informasi, namun terdapat dua orang responden yang bukan merupakan mahasiswa Teknologi Informasi tetapi cukup memiliki banyak kesamaan dengan mahasiswa Teknologi Informasi, yaitu mahasiswa Ilmu Komputer. Karena seluruh responden merupakan mahasiswa komputer, maka saya akan menganalisis respon-respon dari survey berikut sebagai respon dari mahasiswa komputer. Oke, langsung saja kita menuju ke survey pertanyaan pertama.

Apakah warna favorit Anda?

Tiga warna yang paling disukai mahasiswa komputer :
1. Biru : 20 orang
2. Hitam : 10 orang
3. Hijau : 6 orang

Ternyata 20 dari 42 responden (sekitar 47%) menyukai warna biru. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa kebanyakan mahasiswa komputer menyukai warna biru.
Namun, karena ini merupakan pertanyaan yang umum, maka pertanyaan seperti ini bisa juga direspon oleh masyarakat secara umum. Jadi, ada kemungkinan bukan hanya orang komputer saja yang menyukai warna biru, bisa saja hasil survey ini juga mewakili masyarakat secara umum yang artinya bahwa kebanyakan orang di dunia ini memang lebih menyukai warna biru.

Media sosial apakah yang sering Anda gunakan?



Ternyata 34 dari 43 responden mengaku sering menggunakan Facebook, diikuti dengan 25 orang responden yang mengaku juga sering menggunakan Twitter.

Apabila hasil nomor 2 ini dikaitkan dengan hasil survey nomor 1, maka saya menemukan ada kemungkinan hubungan antara warna favorit dengan media sosial yang sering digunakan.
Ternyata 18 dari 20 pecinta warna biru (90%) mengaku sering menggunakan media sosial Facebook. Hal ini mungkin disebabkan oleh tampilan Facebook yang rapi, mudah digunakan dan lebih fungsional.
 Selain itu, hal yang unik adalah tampilan Facebook lebih dominan diisi dengan warna biru (sama dengan warna favorit mereka).
Mungkin inilah salah satu alasan sederhana yang menjadikan Facebook begitu populer, karena warna favorit seseorang juga mampu mempengaruhi seseorang untuk menggunakan media sosial tertentu, dan asumsi saya mengatakan bahwa kebanyakan orang di dunia ini menyukai warna biru.

Kemudian, dua di antara respoden pecinta warna biru yang tidak memilih Facebook ternyata memilih sosial media Twitter. Seperti yang kita ketahui, Twitter juga memiliki warna dominan biru. Hal ini semakin menguatkan bukti bahwa wanra favorit seseorang dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk menggunakan media sosial yang sesuai dengan warna kesukaannya.

Website apa sajakah yang sering Anda kunjungi dari Internet?



Media sosial masih merupakan prioritas utama bagi kebanyakan mahasiswa komputer. Tidak heran jika media sosial direspon dengan baik karena sekarang sedang masa-masa populernya media-media sosial di internet. Jadi, hasil ini juga mungkin berlaku untuk masyarakat secara umum dimana masyarakat juga sering menggunakan media sosial.

Setelah media sosial, Youtube merupakan  website yang sering dikunjungi dari internet dimana kita dapat bebas menonton maupun meng-upload video kita supaya dapat ditonton oleh seluruh masyarakat di dunia.

Apa sajakah hobi Anda (yang tidak memerlukan akses Internet)?

Untuk pertanyaan ini, setiap responden memiliki pilihannya / jawabannya masing-masing, yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepribadian dari setiap mahasiswa komputer berbeda-beda, unik antara yang satu dengan lainnya, dan hal seperti ini tidak dipengaruhi oleh bidang apa yang Anda tekuni karena hobi merupakan sesuatu yang alami yang telah dimiliki oleh seseorang sejak lahir.
Walaupun sama-sama merupakan mahasiswa komputer, tetapi hobi aslinya tetap dimiliki oleh masing-masing individu.

Kegiatan manakah yang lebih sering Anda lakukan?



Ternyata 26 dari 43 (60%) responden mengaku bahwa mereka melakukan kegiatan yang memerlukan akses internet maupun yang tidak memerlukan akses internet dalam jumlah yang seimbang. Ini artinya terdapat banyak orang yang masih dapat menikmati dunia nyata walaupun teknologi terus berkembang dan menjadi kebutuhan utama setiap orang.

Manakah di antara berikut ini yang lebih cenderung Anda gunakan?

 
Dari diagram di atas, dapat diketahui bahwa 15 dari 43 responden (sekitar 34%) mengaku lebih cenderung menggunakan pikiran saja. Kemudian 10 dari 43 responden (sekitar 23%) mengaku seimbang antara pikiran dan seni, dan 6 responden lainnya lebih cenderung ke seni. Dengan demikian, dapat kita ketahui bahwa terdapat cukup banyak mahasiswa komputer yang juga berjiwa seni.

Apabila dikaitkan dengan hasil survey dari pertanyaan tentang hobi, maka saya tidak menemukan adanya hubungan antara kecenderungan otak seseorang terhadap hobinya.
Belum tentu orang yang lebih cenderung menggunakan pikiran tidak suka bernyanyi atau menggambar, belum tentu orang yang lebih cenderung menggunakan seni tidak suka membaca berita-berita olahraga, begitu juga untuk hobi-hobi lainnya.

Bagaimanakah status cinta / asmara Anda?

Perbandingan antara responden yang single dan yang sedang pacaran :
Single : 34 orang
Sedang pacaran : 8 orang
Tidak jelas : 1 orang

Berdasarkan hasil survey, 34 dari 43 responden (sekitar 79%) mengaku masih single, dengan rincian 20 diantaranya sudah pernah pacaran sebelumnya.
Hal ini sekaligus membuktikan bahwa tingkat kejombloan mahasiswa komputer masih sangat tinggi, namun sebagian di antara mereka berani mencoba untuk berpacaran dan sempat berhasil.

Bagi yang sudah pernah pacaran, bagaimanakah tingkat kepuasan Anda terhadap pasangan Anda? (Bagi yang belum pernah pacaran, apakah Anda tertarik untuk berpacaran?)



Ternyata 36 dari 43 responden (sekitar 83%) memberikan nilai dari 3 hingga 5 untuk minat mereka terhadap pacaran.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa TI masih cukup tertarik untuk berpacaran, namun minat mereka untuk pacaran tidak terlalu tinggi.
Hal ini juga menjadi alasan bagi kebanyakan mahasiswa yang cukup nyaman untuk hidup sebagai seorang single.

Nah, itulah dia analisis saya terhadap survey yang telah saya lakukan. Sebenarnya saya masih berusaha untuk menganalisis hubungan antara tanggal lahir seseorang terhadap pertanyaan-pertanyaan survey yang diberikan di atas, namun saya tidak menemukan adanya kecocokan antara responden yang satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin disebabkan karena terbatasnya jumlah responden yang berpartisipasi dalam survey ini, sehingga akan sulit ditemukan kecocokan tersebut. Lagipula untuk menemukan kecocokan yang berasal dari tanggal lahir seseorang, biasanya dibutuhkan data dalam jumlah yang sangat besar.

Testimoni
Survey online dapat digunakan sebagai media yang sangat efektif bagi mahasiswa untuk melakukan survey secara gratis yang bermanfaat untuk membantu mengerjakan tugas-tugas perkuliahan tertentu. Seperti yang kita ketahui, untuk melakukan survey secara manual, dibutuhkan persiapan serta biaya yang tidak murah. Bagi mahasiswa Teknologi Informasi, survey sangat dibutuhkan untuk mengetahui kecenderungan user secara umum, sehingga dapat membantu kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang disukai oleh user dan kita dapat menciptakan sesuatu yang memang disukai oleh user dan sesuai dengan keinginan user.

Oke, kalau begitu saya akhiri dulu ya postingan saya kali ini… Sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar