Rabu, 27 Februari 2013

Beberapa Fakta Unik dalam Bahasa Inggris

 


Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dan dipelajari di dunia. Di dalam bahasa Inggris ini, terdapat hal-hal yang unik yang mungkin tidak pernah kita perhatikan sebelumnya. Apa sajakah hal-hal unik tersebut? Berikut ini adalah fakta-fakta unik dalam bahasa Inggris yang telah saya pilih dan saya rangkum dari berbagai sumber.
 
1.  "Dreamt" adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan huruf "mt". Kata "dreamt" merupakan bentuk past tense dari kata "dream" yang berarti impian atau mimpi.

2.  Kata "set" memiliki definisi yang paling banyak di antara kata-kata lainnya dalam bahasa Inggris.

3.  "Underground" adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang diawali dan diakhiri dengan huruf "und".

4.  Kata terpanjang dalam bahasa Inggris menurut kamus Oxford adalah kata “pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis".
Satu-satunya kata yang lain dengan jumlah huruf yang sama adalah "pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconioses" yang merupakan bentuk jamaknya.

5.  "Skiing" adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris dengan dua buah huruf "i" berturut-turut.

6.  Ada sebuah kata dalam bahasa Inggris yang mengandung tiga pasang huruf rangkap secara berturut-turut, yaitu “Bookkeeper”.
Sedangkan untuk kata yang mengandung empat pasang huruf rangkap berturut-turut adalah “Subbookkeeper”.
 
7.  Dalam bahasa Inggris, hanya terdapat tiga buah kata yang mengandung sebuah huruf yang diulang sebanyak enam kali, yaitu “degenerescence” (enam huruf “e”), “indivisibility” (enam huruf “I”) dan “nonannouncement” (enam huruf “n”).

8.  “Queue” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang tetap dibaca dengan bunyi yang sama ketika empat buah huruf terakhirnya dihapus.

9.  Huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah “E”, sedangkan huruf “Q” adalah yang paling jarang digunakan.  
Pada tahun 1939, Ernest Vincent Wright mempublikasikan sebuah novel berjudul “Gadsby” yang terdiri dari 50000-an kata yang tidak menggunakan huruf “E”.

10.  Kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” menggunakan setiap huruf dalam alfabet.
Kalimat seperti ini dikenal dengan istilah “Pangram”. Pangram biasanya dapat digunakan untuk mencoba sebuah jenis font tulisan, melatih kemampuan menulis, kaligrafi dan mengetik karena menggunakan setiap huruf yang ada dalam alfabet.
 
11.  Kata “racecar”, “kayak” dan “level” dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.
Kata seperti ini dikenal dengan istilah “Palindrome”. Palindrome juga dapat berupa kalimat maupun deretan angka / bilangan.
Contoh kalimat palindrome adalah :
“Madam, I’m Adam” 
“Never odd or even” 
“Sums are not set as a test on Erasmus” 
“Was it a car or a cat I saw?"
 
12.  Apablia huruf-huruf yang terdapat dalam kata “Depression” disusun ulang dapat menghasilkan kata / kalimat “Person Dies”.
Ini dikenal dengan istilah “Anagram”. 
Contoh anagram lainnya adalah : 
“Clint Eastwood” : “Old West Action” 
“Statue of Liberty” : “Built to Stay Free” 
“Eleven plus two” : “Twelve plus one”
 
13.  Dalam bahasa Inggris, kata terpanjang yang hanya mengandung sebuah huruf vokal adalah “Strengths”, sembilan buah huruf dengan hanya satu huruf vokal.

14.  Huruf pertama dari bulan Juli hingga bulan November akan membentuk nama “JASON” (July, August, September, October, November). Kebetulan huruf depannya tetap sama dalam bahasa Indonesia.

15.  Satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 15 buah huruf yang tidak diulang adalah “uncopyrightable”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar